2 Hal Ini Penyebab Mobil Susah Distarter

05 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Mobil mogok dan susah di starter memanglah sebuah hal yang sangat menyebalkan dan membuat pusing kepala. Padahal sebelumnya lancar saat mesin di starter dan tisak menunjukkan gejala yang aneh pada mobil. Hal ini sebenarnya bukan sebuah hal yang aneh, karena memang kelistrikan mobil dapat mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan. Terlebih bila pemilik mobil tidak rajin merawat kondisi mobilnya. Wajar kalau tiba-tiba mobil mogok ditengah jalan dan sulit distarter.

Jika timbul pertanyaan ‘kenapa mobil saya tiba-tiba sulit di starter ya?’. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa kerena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks.

Kelistrikan

Jika mobil tiba-tiba mogok dan sulit distarter karena adanya kerusakan pada sistem kelistrikan, ini bisa dideteksi apabila saat mobil distarter tidak menunjukkan adanya arus listik yang tersambung atau mengalir yang bissa terdengar dari bunyi starter dari dinamo. Seperti terdengar suara dinamo starter lemah dan mengayun atau bahkan tidak ada respon suara dinamo sama sekali, namun biasanya bila mobil didorong, mesin masih dapat menyala. Akan tetapi perlu diingat juga, tidak semua mobil diperbolehkan untuk didorong untuk mengatasi mogok.

sistem kelistikan pada mobil

Untuk masalah kelistrikan ini umumnya bisa dilihat atau dicek pada beberapa bagian ini :

  • Aki (Accu)

    Aki merupakan sumber utama dari kelistrikan pada mobil, jadi bagian ini yang harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada masalah suplai arus listrik. Kalau aki mobil sudah terlihat kurang cairan dan umur aki lebih dari 2 tahun, maka akan menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter mesin mobil. Periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu.

  • Kabel Sekring Utama

    Kerusakan pada bagian ini sangat berkaitan terhadap msalah starter mobil. Cek kondisi kabel sekring utama pada mobil yang terletak dekat accu pada kutub positifnya, jika putus maka ganti dengan yang baru.

  • Socket dan Kunci Kontak

    Kendornya socket yang menyambungkan kunci kontak bisa menjadi biang keladi mobil tidak bisa menyala. Tandanya, jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar adanya dinamo starter yang bergerak, maka ceklah socket kunci kontak sebelum melihat kondisi aki. Rusaknya kunci kontak juga bisa menyebabkan mobil tidak bisa di starter.

  • Alternator/Dynamo Ampere

    Pengisian alternator yang sudah kurang baik juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil jadi susah di starter, karena dapat menyebabkan aki cepat drop atau tekor.

  • Cek Kondisi dan Jalur Kabel-Kabel

    Kondisi kabel elektrikal pada mobil yang sudah mengeras memperbesar kemungkinan kabel ataupun serat kabel di dalamnya mudah putus segingga dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala. Serahkan pengerjaan ini pada bengkel yang ahli dalam membenahi perkabelan.

 

Mesin

Bila disebabkan karena mesin, biasanya ditandai dengan starter dan arus kelistrikan yang sangat baik namun tetap tidak mampu menyalakan mesin, dan biasanya bila mobil didorong tetap saja mesin tidak dapat menyala.

cek mesin teratur agar mesin mudah distarter

Jika mengalami masalah susah starter mobil karena kerusakan pada bagian mesin, bisa disebabkan oleh beberapa bagian mesin ini :

  • Platina

    Untuk mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan atau setelan platina yang tidak tepat akan menyebabkan mobil susah menyala saat di starter.

  • Karburator

    Karburator yang kotor dan settingan angin yang tidak tepat akan membuat mobil mesin sulit menyala. Karena ini akan membuat pembakaran tidak berjalan baik.

  • Pompa Bensin

    Tidak berfungsinya pompa bensin sudah pasti akan menyebabkan mobil mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan karena aliran bensin ke karburator tidak berjalan baik.

  • Busi, Kabel Busi, Koil

    Ketiga komponen ini berhubungan dengan pengapian pada mesin. Jika salah satu diantaranya mengalami kerusakan maka dapat dipastikan mesin akan sulit menyala atau bahkan sama sekali tidak bisa menyala.

  • Bushing CDI

    Bushing CDI merupakan dudukan pulser atau magnet CDI. Kerusakan pada pada bagian ini juga salah satu penyebab susah starter.

  • CDI

    CDI yang sudah mulai melemah komponennya akan menyebabkan mobil tidak bisa di starter, karena tugasnya dalam mengatur pengapian dengan putaran mesin dapat terganggu. Faktor usia pemakaian juga menjadi penyebab rusaknya CDI.

Nah, inilah beberapa hal yang menyebabkan mobil sulit untuk distarter. Untuk meminimalkan resiko mobil yang mogok, sebenarnya bisa dilakukan dengan rajin melakukan perawatan berkala/tune up secara menyeluruh ke bengkel resmi dan memiliki kredibilitas baik. Semoga membantu!! michael kors tasche

, ,