• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Di Pagi Hari

24 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Hampir setiap pemilik mobil di Indonesia memiliki kebiasaan yang sama, yaitu memanaskan mesin mobil di pagi hari atau sebelum digunakan. Dalam memanaskan mobil ini berlaku untuk mobil lama dan juga mobil baru.

Hanya saja, perbedaan memanaskan mobil keluaran baru tidaklah butuh waktu yang lama, cukup memanaskan mesin sekitar 1-2 menit saja. Sedangkan, untuk mobil yang lama seperti keluaran tahun 90an ke bawah biasanya memerlukan waktu 5-10 menit saja.

Akibat Tidak Memanaskan Mobil

Lalu apa yang akan terjadi jika mobil tidak dipanaskan? Sebenarnya tidak apa-apa, akan tetapi mobil jadi tidak enak untuk dipakai. Seperti mobil bisa brebet, mobil kadang-kadang juga bisa mati di jalan setelah berjalan beberapa puluh meter.

Ibaratnya, semua mesin perlu dipersiapkan sebelum dijalankan, seperti mesin mobil, mesin motor, mesin perahu, bahkan mesin traktor, bahkan manusia juga perlu pemanasan sebelum bekerja.

4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Di Pagi Hari

Pada intinya memanaskan mobil memilik 4 tujuan, yakni seperti berikut ini :

4 manfaat memanaskan mobil dipagi hari

Memanaskan Mesin Agar Mencapai Suhu Optimum Mesin

Mesin mobil atau motor akan bekerja pada suhu optimal sekitar 80 derajat Celcius/ Nah, jika di pagi hari kondisi suhu udara sangat dingin maka suhu mesin juga berkisar di angka 20 derajat, sehingga tidak dalam kondisi ideal untuk dijalankan.

Nah, maka itu perlu dipanaskan terlebih dahulu supaya mesin sedikit lebih hangat meski tidak terlalu panas mencapai 80 derajat Celcius. Suhu 80 derajat akan tercapai sambil berjalan kira-kira 2-3 KM.

Mensrirkulasikan Oli Dengan Sempurna

Saat mesin dalam keadaan diam semalaman, maka oli akan mengendap dibagian bawah mesin. Dengan menghidupkan mesin maka oli akan dipompa ke seluruh komponen dalam mesin. Tujuan memanaskan mobil salah satunya adalah meratakan oli mesin, sehingga melumasi seluruh komponen dan juga mengkondisikan oli mencapai suhu optimal untuk melumasi komponen.

Mendapatkan Percampuran Udara Dan Bensin Yang Pas

Biasabta diawal mesin dihidupkan, percampuran antara bahan bakar dengan udara belum ideal sehingga kadang-kadang mobil keluar asap (kebanyakan bensin), bahkan kadang-kadang mobil juga brebet karena kebanyakan udara.

Nah, tujuan dari memanaskan mobil ini adalah untuk mendapatkan percampuran ideal antara bahan bakar dan udara, sehingga bila asap sudah hilang dan brebet juga sudah hilang, maka Anda sudah mendapatkan percampuran udara dan BBM yang tepat pada ruang  bakar.

Agar Mesin Tidak Brebet/Stabil/Langsam

Nah, inilah yang paling penting, memanaskan mobil dirasa cukup jika mesin sudah stationer saat pedal gas dilepas sementara posisi gigi netral (mobil sudah tidak brebet/langsam)

Nah, jika tujuan ini sudah tercapai (mobil sudah stationer) maka mesin mobil sebenarnya sudah siap untuk diajak jalan, bisa dimasukkan gigi satu dan lepas pedal kopling pelan-pelan. Sembari berjalan, mobil akan mencapai suhu optimumnya, biasanya setelah menempuh jarak 2-3 kilometer, mobil sudah siap digeber melaju cepat.

Jika mobil belum langsam, penyebab utamanya adalah hal-hal seperti diatas : percampuran BBM dan udara yang kurang tepat, suhu mesin belum mencapai suhu ideal, kekentalan dan sirkulasi oli belum pas.

Memanaskan mobil dipagi hari memang diperlukan, supaya mobil mampu bekerja dengan baik dan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan ketika sudah diajak berkendara.

Nah, demikianlah manfaat dan penjelasan dari memanaskan mobil di pagi hari. Untuk memanaskan mobil Anda bisa melakukannya dalam waktu 1 menit atau bisa 2 menit. Mudah bukan? Semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

, ,