4 Mesin Mobil Paling Hits Buat Balap

01 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Dengan banyaknya pilihan mesin terkadang membuat speed enthusiast ataupun engine builder bingung memilih mesin untuk tunggangannya, bahkan untuk experiment mencoba hal-hal baru.

Kali ini mari kita bahas mesin yang sedang hits untuk balap serta mengulas kelebihan, potensial, hingga kekurangan dari setiap mesin yang akan kita bahas kali ini.

Inilah 4 mesin mobil paling hits buat balap :

1. 2JZ-GTE

mesin 2jz twin turbo

Type : Inline 6

Capacity : 3000cc

Horsepower : 320Hp (stock) – 500Hp (mild mod) – 1000Hp (extrem)

Torsi : 450Nm

Twin Turbo

Diurutan pertama sudah pasti di isi oleh mesin kakap produksi dari TOYOTA 2JZ-GTE. Mesin ini sangat terkenal di dunia Drifting dan juga Drag Race, bisa dibilang inilah mesin yang sangat ideal untuk balapan bukan hanya karena memiliki kapasitas besar 3000cc. Tetapi mesin ini juga menganut tipe square engine (bore x stroke seimbang) yang memberikan tenaga yang cukup lumayan besar dalam keadaan standart, semua kekuatan dan ketahanan yang luar biasa menjadikan mesin yang sangat berpotensial untuk engine builder berkreasi.

Mesin 2JZ-GTE mudah untuk dimodifikasi dari segi pilihan parts yang berlimpah berbagai merk, dan juga untuk mendongkrak horsepower sangatlah mudah. Hal ini lah yang dicari oleh Horsepower freaks untuk memodifikasi secara extreme hingga mengeluarkan output 1000++hp dengan part aftermarket yang menunjang. Kekurangan dari mesin ini ada pada system TWIN TURBO yang sering mengalami masalah sehingga banyak yang mengganti dengan single turbo, dan juga harganya yang bisa dibilang sangat menguras dompet karena mesin ini banyak di buru di berbagai Negara sehingga membuat 2JZ-GTE sudah mulai susah di jumpai.

2. 4G63

mesin 4G63

Type : Inline 4

Capacity : 2000cc

Horsepower : 280Hp

Torsi : 370Nm

Turbocharge

Mitsubishi dikenal sebagai sang penguasa jalan tanah (Rally) pada eranya, dan membuatnya memproduksi mesin legendaris 4G63 dengan turbo charge yang siap menjambak kepala dengan torsi luar biasa yang dihasilkan oleh mesin mungil ini. Mesin 4G63 ini mesin idaman untuk pecinta drag race.

Dengan mesin yang lebih Compac dibanding dengan mesin 6 cylinder, otomatis bobot mesin ini lebih ringan. Dengan spek (bore 85mm x stroke 88mm) memiliki potensial ketahanan durability serta torsi luar biasa. Namun kelemahannya terletak pada crankshaft serta temperatur oli yang terkadang mengalami panas berlebih, jadi ini adalah faktor yang perlu diperhatikan oleh para engine builder.

3. RB25DET

mesin RB25DET

type : Inline 6

Capacity : 2500cc

Horsepower : 280-800Hp

Torsi : 335Nm

Turbocharge

Tidak ingin kalah, Nissan mengeluarkan mesin andalannya yang versi awal yaitu RB25DET (disempurnakan menjadi RB26DET). Mesin ini memiliki teknologi VCT membuat respon RPM bawah sangat responsive. Yang unik dari mesin ini adalah ciri khas suara exhaust yang tiada duanya, kelemahannya pada oil system yang harus di modifikasi sebelum mendongkrak daya kuda pada mesin ini.

4. 1UZ-FE

mesin IUZZFE

Type : V8

Capacity : 4000cc

Horsepower : 261-550Hp

Torsi : 365Nm

Mesin dengan kapasitas besar keluaran Toyota ini menjadi salah satu yang favorit dan cukup terkenal di dunia drifting dan offroad (bore 87.5mm x stroke 82.5). Kelemahan mesin ini terdapat pada power band yang tergolong sempit, dan juga power drop pada RPM atas yang memang tipikal karakter mesin V8, di butuhkan aftermarket camshaft racing untuk mendongkrak tenaga atas.

Masih banyak kandidat-kandidat mesin yang mungkin kedepannya akan menggusur mesin-mesin TOP diatas, tapi mungkin masih dalam tahap R&D. Mari kita tunggu lagi gebrakan dari engine builder dan juga pabrikan agar banyak lagi varian untuk balapan di tanah air. michaelhandtasche

, , , ,