• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

6 Macam Suzuki Jimny Di Indonesia

16 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Selain Suzuki Katana, Suzuki Jimny pun masuk ke Indonesia. Supaya tidak melebar, Jimny yang akan dibahas adalah Suzuki Jimny generasi kedua yang pertama kali muncul pada tahun 1982 dengan kode SJ410.

6 Macam Suzuki Jimny Di Indonesia

6 macam suzuki jimny di indonesia

Jimny Trepes

Setelah jaman Jimny Jangkrik berakhir pada 1981, Suzuki menghadirkan pengganti Suzuki Jimny dengan model baru yang lebih besar dan lebih mengkotak khas mobil era 80an. Jimny ini mempunyai ciri khas berupa atapnya yang pendek sehingga untuk orang dengan tinggi lebih dari 170cm akan merasa sangat sempit menumpang dalam mobil ini. Karena atapnya yang pendek inilah, akhirnya orang menyebut Jimny versi ini dengan Jimny Trepes. Jimny Trepes ini muncul antara 1981 sampai 1983.

Jimny V3 atau Super Jimny 6

Mungkin karena ruang kepala Suzuki Jimny dianggap terlalu sempit, pada tahun 1984 muncul dengan versi atap setengah atap. Atap setengah ini maksudnya bukan atap mobil yang hanya setengah ditutupi dan setengahnya lagi bolong, namun lebih kearah tinggi atapnya yang lebih tinggi dibanding dengan Jimny Trepes. Akan tetapi lebih rendah dibanding atap Suzuki Katana yang tinggi. Jimny dengan atap setengah ini munvul antara 1984 sampai sekitar 1988.

Jimny Sierra

Selain mesin, perbedaan lainnya ada pada bodinya, dimana Sierra dilengkapi dengan atap fiberglass/kanvas dengan adanya bando tengah atau targa. Pada awalnya hanya tersedia versi atap fiberglass namun ada opsional atap kanvas setelahnya.

Selain itu, kaca depan Sierra bisa dilipas karena terdapat engsel. Karena atap belakangnya terbuat dari fiberglass, membuat pintu belakang Sierra menjadi unik. Bagian kaca membuka keatas seperti hatchback sementara pintunya menyamping seperti biasa. Bagian belakangnya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu versi kaca sempit yang muncul antara 1983 sampai 1984 dan kaca lebar antara 1984 akhir sampai 1985. Versi kaca sempit ini lebih sedikit dibanding dengan versi kaca lebar. Populasi Jimny Sierra ini tergolong langka, karena bisa dibilang inilah Jimny limited edition di Indonesia.

Jimny Samurai

Berbeda dengan Jimny yang sebelumnya, Jimny Samurai ini dibekali dengan mesin Suzuki G13 berkapasitas 1300cc. Secara tenaga, sudah pasti Jimny Samurai ini memiliki tenaga yang lebih besar daripada mesin F10A milik Katana. Secara bentuk, Jimny Samurai ini mirip dengan Jimny Trepes. Hanya saja karena Jimny Samurai ini lebih ditujukan untuk pasar negara barat seperti Amerika Utara. Jadilah Jimny Samurai ini langka di Indonesia.

Jimny Caribian atau Carribean

Memasuki era baru, Suzuki sempat menghadirkan Jimny dengan nama Suzuki Jimny Caribian. Ciri khasnya ada pada bentuknya yang menyerupai pickup double cabin dengan kabin belakang yang kecil. Sasisnya sendiri memakai sasis yang panjang sehingga tampilan double cabinnya terlihat lebih sporty dan proporsional. Mesin yang dipakai oleh Caribian ini sama seperti Jimny Samurai dengan mesin G13 1300cc. Jimny ini termasuk Jimny termuda di Indonesia karena masuk secara CBU dari Thailand antara 2005 sampai 2007.

New Jimny

Jimny yang baru ini sebenarnya sudah masuk dalam generasi ketiga. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 di Tokyo Motor Show. Mobil ini diedarkan pada tahun 2017 setelah sebelumnya dipajang di booth Suzuki di GIIAS 2016 dan malah sempat tidak akan diproduksi untuk Indonesia. Namun akhirnya, Suzuki New Jimny pun dipasarkan di Indonesia dengan harga 300 juta rupiah.

Nah, itulah beberapa macam Suzuki Jimny yang hadir di Indonesia. Suzuki Jimny selalu mendapatkan tempat terbaik dikalangan masyarakat Indonesia.

, ,