Ini Lho Bahaya Tidur Di Dalam Mobil Yang Perlu Diketahui

27 Mei 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Menjelang bulan Ramadhan tahun 2017 ini, tentunya banyak agenda yang harus dikerjakan dan diselesaikan. Salah satu agenda Ramadhan yang bisa dibilang utama adalah mudik. Bahkan agenda mudik, seperti merencanakan rute perjalanan hingga mengendarai mobil pun harus siap dengan matang.

Dalam menempuh rute perjalanan yang terkadang bisa dibilang menjadi lumayan jauh karena macet ini, seringkali yang namanya kantuk dan rasa lelah menghampiri tanpa permisi. Untuk lebih amannya, kita bisa menepi dan memejamkan mata untuk sejenak, agar kantuk dan rasa lelah bisa berkurang.

Kalau hanya untuk tidur saja sebenarnya masih tidak apa-apa, namun terkadang kita membutuhkan yang namanya kenyamanan. Sebagian orang yang memilih tidur di dalam mobil pasti menyalakan AC (Air Conditioner), yang otomatis mesin mobil pun harus dinyalakan. Karena AC tidak akan dingin bila mesin mobil tidak dinyalakan.

Namun, ada hal yang perlu diamati, bahwa saat memutuskan untuk tidur di dalam kendaraan dengan menyalakan AC, pastikan untuk membuka jendela walau hanya sedikit.

bahaya tidur dalam mobil

Hal tersebut di dasarkan saat mesin mobil yang masih hidup dapat membahayakan. Karena gas buang kendaraan dapat masuk ke dalam interior, sehingga membuat udara tidak bersirkulasi dengan sempurna apabila jendela mobil ditutup.

Gas buang yang keluar berupa karbon monoksida yang sudah jelas berbahaya bagi kesehatan. Gas karbon monoksida ini termasuk gas beracun yang tidak berwarna dan tidak berbau, dan tentunya sangat berbahaya. Dampak buruk yang akan diterima ketika menghirup gas karbon monoksida ini dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak bertenaga, karena darah kita menjadi kehilangan kemampuan dalam menggikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Hingga menjadi polutan yang mampu membunuh.

Namun, jika masih bisa diselamatkan, efek dari keracunan karbon monoksida bisa merusak otak dan sistem syaraf, memengaruhi kelakuan dan tingkat kepintaran, pertumbuhan lambat, sakit kepala, mual, dan muntah. Namun kebanyakan korban yang terkena paparan karbon monoksida tidak bisa diselamtkan.

Maka dari itu, usahakanlah mencari tempat peristirahatan yang aman dari jangkauan kendaraan lain ataupun resiko orang yang jahat. Setelah itu Anda bisa tidur dengan nyaman, posisikan jok mobil sesuai kenyamanan. Kemudian tarik tuas rem tangan atau aktifkan di mode rem tangan dan sedikit menurunkan posisi kaca jendela pintu mobil Anda agar udara dapat masuk dan keluar dengan leluasa. Namun yang terpenting adalah mencari tempat peristirahatan yang lebih nyaman lagi seperti rumah peristirahan dan lainnya. Ini diharapkan agar dalam menempuh perjalanan jarak jauh lebih mengasyikkan dan menyenangkan.

Jangan sampai keselamatan Anda dan keluarga menjadi terancam, hanya gara-gara Anda memilih untuk memejamkan mata sebentar di tepi jalan dengan AC yang masih menyala tanpa membuka jendela sedikitpun.

Dan selalu periksakan selalu kondisi seluruh kendaraan Anda, terutama bila ingin melakukan perjalanan jauh, seperti mudik. Bukan hanya menghindarkan dari kecelakaan lalu lintas, namun bisa menghindarkan dari racun gas buang yang masuk ke dalam mobil tentunya.

Setelah ini Anda sudah tahu bukan apa yang harus Anda lakukan ketika mengendarai mobil saat mudik dan tiba-tiba kantuk serta rasa lelah menghampiri.

Serta pastikan kondisi tubuh Anda juga sedang kondisi yang sangat sehat untuk melakukan perjalanan jauh. Nah, itulah yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga Anda bisa mengambil pelajaran dalam artikel ini dan semoga bermanfaat untuk Anda. canada goose schweiz

, , ,