Begini Cara Merawat Mobil Agar Tidak Sering Masuk Bengkel

17 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Mobil memang menjadi suatu kebutuhan sebagai alat transportasi yang cukup nyaman dan aman untuk dikendarai, apalagi jika memiliki keluarga yang lebih dari dua orang. Untuk Anda yang memiliki mobil, Anda pun harus menaruh perhatian yang cukup pada mobil agar tidak mudah rusak. Tentunya Anda tidak ingin kalau mobil harus sering keluar masuk bengkel. Terlebih ini mobil kesayangan dan akan dipakai untuk mudik. Merawat mobil bukanlah hal sulit untuk dilakukan, bahkan jika Anda seorang wanita sekalipun. Anda dapat merawat mobil dengan maksimal. Untuk perawatan mobil yang tepat, berikut ini ada tips merawat mobil agar tidak mudah rusak. Dibanding harus memperbaiki mobil, akan lebih baik jika Anda merawatnya dengan teratur. Untuk Anda yang memiliki mobil kesayangan, berikut ini ada beberapa tips perawatan mobil yang perlu Anda lakukan secara berkala dan teratur.

Cara Merawat Mobil Dengan Baik Dan Benar

1. Merawat Cat Mobil

merawat cat mobil Untuk penampilan luar mobil, cat memiliki pengaruh yang sangat besar. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan kebiasaan yang baik dalam perawatan ataupun penggunaan mobil agar catnya juga terawat. Seperti yang diketahui, goresan sedikit saja sudah menjadi noda pada mobil. Sedangkan biaya untuk memperbaiki tentu tidak murah. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan pencucian mobil secara berkala. Gunakan lap dan sabun khusus agar tidak merusak cat mobil. Selain itu, parkirkan mobil di garasi ataupun tutupi dengan menggunakan kain penutup mobil.

2. Mengganti Oli Mobil

mengganti oli mobil Gantilaj oli mobil sesuai dengan prosedur yang telah diatur oleh produsen kendaraan. Lakukan penggantian oli mobil sebelum tenggat waktu habis agar mobil tidak mudah rusak. Yang satu ini sangat sederhana, namun jangan diremehkan.

3. Penggunaan Bahan Bakar

menurunkan kualitas bahan bakar mobil Setiap mobil menggunakan bahan bakar sesuai dengan jenis mobil itu sendiri. Penggunaan bahan bakar tidak boleh dilakukan secara asal karena dapat berpengaruh pada performa mobil itu sendiri. Penggunaan bahan bakar yang salah bisa merusak mesin mobil.

4. Merawat Radiator

menjaga komponen radiator Gunakan air bersih untuk radiator mobil Anda. Radiator penting untuk diperiksa, terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Radiator sebaiknya tidak mengalami kekeringan ataupun penggunaan air kotor, karena bisa menyebabkan mobil mogok ditengah jalan.

5. Lakukan Tune Up Secara Berkala

Busi yang kotor bisa mempengaruhi performa mobil dan mengurangi efisiensi bahan bakar sampai 30%. Karena itu, lakukan tune up secara berkala dan teratur agar mobil tidak mudah rusak dan hemat bahan bakar.

6. Bersihkan Bagian Dalam Mobil

merawat bagian dalam mobil Merawat mobil tidak hanya pada bagian luar dan mesinnya saja. Bagian dalam juga penting untuk dirawat, terutama mengenai kebersihannya. Mobil yang bersih tentunya akan terasa nyaman dikendarai. Sebelum menggunakan mobil, sebaiknya jangan menyalakan AC mobil. Bukalah terlebih dahulu semua pintu mobil untuk mengganti udara yang ada dalam mobil. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari. Jika Anda memiliki mobil baru, perawatan khusus juga harus dilakukan. Antara lain hindari menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi, sesuaikan dengan transmisi mobil, sesuaikan dengan beban ideal serta hindari mengerem mendadak. Untuk perawatan dari luar, Anda bisa membersihkan body mobil setiap atau setidaknya 2 hari sekali. Bersihkan debu ataupun kotoran yang ada pada body mobil menggunakan lap yang halus agar tidak menggores mobil. Nah, demikianlah cara merawat mobil dengan baik dan benar agar tidak sering keluar masuk bengkel. Semoga bermanfaat. michael kors handtasche sale

, , , , , ,