• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

Cara Mencegah Mobil Kurang Bertenaga

18 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Kendaraan merupakan sebuah alat transportasi yang mengantarkan kita dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu tujuan ke tujuan lainnya. Lalu, bagaimana jadinya, jika mobil kita terkena masalah sseperti kurang tenaga, ngelitik, ngebul, dan ngempos.

Tenaga kendaran lama kelamaan semakin berkurang, terutama disaat Anda menempuh perjalanan yang jauh. Jika sudah muncul masalah semacam ini, sudah bisa dipastikan bahwa ada kelainan dibagian mesin kendaraan. Sebagai pengemudi, Anda memang lebih baik untuk mengetahui penyebabnya.

Dengan demikian kedepannya, Anda bisa mencegah dan menanggulangi dengan cepat serta tidak akan terjadi mogok di jalan.

Penyebab Kendaraan Ngempos

Sebenarnya ada begitu banyak faktor penyebab mesin kendaraan Anda menjadi ngempos ataupun tidak bertenaga. Secara umum faktor penyebab tersebut adalah sebagai berikut :

Overheating Pada Mesin Mobil

terjadi overheating pada mobil

Mesin yang mengalami overheating akibat sistem pendinginan kendaran yang tidak bisa bekerja secara optimal, maka menyebabkan komponen dalam mesin (komponen metal) memuai secara ekstrim. Hal ini terjadi pada bagian piston atau silinder. Jika piston memuai, sudah bisa dipastikan pergesekan piston dengan bagian dinding silinder menjadi lebih besar. Tentu ini akan membuat gerakannya menjadi jauh lebih berat dan otomatis membuat tenaga mesin kendaraan semakin berkurang, bahkan sampai menghilang.

Pengapian Yang Bermasalah

Pengapian sudah jelas sangat menentukan tenaga kendaraan, karena ini sangat berhubungan dengan kinerja proses pembakaran. Jadi, apabila sistem pengapian kendaraan mengalami masalah bisa diartikan tenaga mesin menurun. Masalah yang terjadi pada sistem pengapian bisa disebablan banyak hal. Beberapa diantaranya karena kerusakan kabel busi, koil maupun busi dari kendaraan itu sendiri.

Filter Udara Kotor

Filter udara kendaraan memiliki peranan yang sangat besar untuk menyaring udara dari aneka jenis kotoran. Karena mesin membutuhkan asupan oksigen dari udara dalam proses pembakarannya. Apabila komponen filter udara di dalamnya sudah dipenuhi kotoran baik debu atau yang lainnya. Maka otomatis oksigen yang seharusnya diserap menjadi semakin sedikit karena pori-piro dari filter yang ada pada kendaraan tersebut tersumbat kotoran.

Busi Kotor

busi mobil yang kotor

Busi tentu memiliki peranan yang sangat vital. Hal ini dikarenakan kualitas atau hasil akhir disistem pembakaran dipengaruhi oleh busi. Busi yang kotor serta diselimuti oleh kerak akan sangatlah menghambat proses pembakaran yang terjadi.

Tindakan Pencegahan Dan Antisipasi

Agar mobil Anda terhindar dari ancaman ini, maka sebelum melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh lebih baik pastikan terlebih dulu bahwa sistem pengapian dan pendingin dalam kendaraan bekerja dengan normal.

Berikut ini cara memeriksanya :

  1. Periksalah kecukupan sekaligus kualitas dari air radiator (tidak keruh, cukup atau kotor).
  2. Pastikan bahwa bodi radiator tidak dalam kondisi basah. Karena jika basah maka ada bocor atau rembesan yang harus diperbaiki.
  3. Pastikan bahwa sirkulasi air berjalan dengan lancar.
  4. Pastikan kinerja dari kipas pendingin atau fan dapat bekerja dengan cukup baik.
  5. Periksa kualitas serta kecukupan oli mesin, apakah cukup sekaligus masih baik untuk digunakan.

Setelah memeriksa semua kondisi mobil secara cermat. Anda dapat melakukannya secara teratur supaya bisa mengetahuo kondisi kendaran Anda dan terhindar dari ngempos saat di perjalanan.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mencegah mobil kurang bertenaga atau ngempos. Semoga bisa membantu Anda yang sedang mengalami mobil kurang bertenaga atau ngempos. Jangan lupa untuk selalu service mobil sebagai langkah utama sebelum terkena gejala mobil ngempos.

, ,