Cara Sederhana Mengatasi Ban Mobil Yang Makan Sebelah

17 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Ban makan sebelah atau tidak rata memang tidak hanya pada motor saja yang mengalaminya, pada mobil pun sering terjadi. Baik itu mobil yang sudah lama ataupun mobil yang masih baru. Untuk mobil yang sudah lama sepertinya sangatlah lumrah terjadi, karena yang namanya komponen kendaran, setelah digunakan dalam jangka waktu yang tidak singkat pasti akan mengalami kerusakan dan bermasalah.

Tapi jika hal ini terjadi pada mobil yang masih baru, tentu kita tidak habis pikir kenapa bisa terjadi. Karena biasanya onderdil mobi baru tentu masih dalam kondisi stabil dan normal. Kendati demikian tetap saja banyak ban mobil baru terutama ban roda depan dan pada jenis long saksis seringkali bannya makan sebelah dan habis secara tidak rata.

Perlu diketahui bahwa ban makan sebelah atau habis secara tidak merata seperti ini merupakan sebuah kerugian bagi pengguna ataupun pemilik mobil. Hal ini akan memperpendek umur pakai ban kendaraan. Untuk pemakaian normal ban mobil bisa bertahan paling tidak kurang lebih selama satu tahun.

penyebab ban makan sebelah

Namnu dengan kondisi ban yang makan sebelah paling hanya bisa bertahan selama 6 sampai 8 bulan, bahkan ada juga yang cuma sampai 4 atau 3 bulan saja. Bukankah ini sangat merugikan.

Biasanya ban makan sebelah atau habis secara tidak rata pada salah satu sisinya kelihatan masih tebal, sedangkan sisi yang lainnya sudah tipis. Bahkan kelihatan benang kawatnya, hal ini jika dibiarkan bisa menyebabkan ban meletus atau mudah bocor.

Lalu bagaimana cara mengatasi ban mobil makan sebelah atau habis secara tidak rata?

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut :

Langkah Pertama

Cek kondisi bagian kaki-kaki pada mobil, ini dilakukan untuk memastikan apakah ada masalah pada komponen-komponen yang bersangkutan. Caranya dongkrak mobil dibagian tengah agar semua rodanya terangkat.

Langkah Kedua

Goyangkan ban ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah. Jika setelah digoyangkan ada yang oblak, bagian yang oblak seperti ball joint, tire road, dan bos saya akan membuat keselarasan roda kanan dan roda kiri berubah.

Langkah Ketiga

ban mobil makan sebelah

Turunkan dongkrak, kemudian lihat bagaimana posisi ban berdirinya. Apakah tegak lurus atau miring, jika posisinya miring biasanya disebabkan ball joint aus, rusak atau minta diganti dengan yang baru.

Namun, jika baru duganti, hal ini disebabkan karena masalah yang terjadi pada bagian sayap. Seperti setelannya kurang pas, untuk hal ini Anda bisa menyetelnya. Biasanya ada baut setelannya untuk merubah dan menggeser posisi ban.

Langkah Keempat

Setelah posisi ban tegak lurus, selanjutnya menyelaraskan antara ban kanan dan ban kiri. Atau bisa melakukan spooring, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat anda bisa membawanya ke bengkel ahli spooring. Anda juga bisa melakukan spooring sendiri, namun lebih baik dibawa ke bengkel yang sudah ahlinya.

Langkah Kelima

Langkah ini sebenarnya menjadi alternatif terakhir apabila setelah dilakukan cara-cara diatas ternyata tidak berhasil, dan ban mobil tetap makan sebelah.

Caranya adalah dengan membalik ban mobil secara berkala, sisi yang semula diluar dibalik menjadi dibagian dalam. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi ban makan sebelah, karena dengan dibalik secara berkala, akan membuat ban menjadi rata, atau habis secara bersamaan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara sederhana mengatasi ban mobil yang makan sebelah, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semuanya. michael kors tasche sale

,