Cara simpel untuk meningkatkan performa mesin mobil jimny jangkrik

25 Mei 2017 - Kategori Blog

Jimny Jangkrik masih menJadi mobil yang banyak peminatnya ,dan itu sebabnya tips dan cara meningkakan performa mobil ini masih di cari pembaca, lalu apa saJa trik untuk meningkatkan mobil Jimny jangkrik ataupun mobil lainnya. berikut beberapa caranya :

jimny10

Tambah Tenaga Lewat Porting And Polish

Ada banyak cara untuk meningkatkan performa mobil ,termasuk Jimny, tapi salah satu cara yang paling sering dipakai untuk meningkatkan performa kendaraan adalah dengan melakukan Porting n Polish (PnP). Dengan melakukan PnP, tenaga dari mesin mobil dapat meningkat tanpa harus ditambahkan perangkat racing seperti turbo ataupun supercharger, biasanya bermain PnP dapat disebut juga mesin N/A (Naturally / Aspirated).
PnP sendiri adalah suatu pekerjaan tangan dengan menggunakan alat khusus (Porting Polish Kits) yang tujuan utamanya adalah memperbaiki efisiensi volumetric suatu mesin untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal dan efisien. Biasanya mesin dari pabrik efisiensi volumetricnya hanya dalam kisaran 70%, tapi dengan PnP efisiensi volumetricnya bisa ditingkatkan menjadi kurang lebih 80-85%.
Jika PnP dilakukan secara presisi atau pengukuran yang benar, efeknya adalah tarikan mesin menjadi lebih enteng, nafas mesin lebih panjang, akselerasi lebih spontan dan konsumsi bahan bakar juga jadi lebih efisien. Ini semua karena aliran bahan bakar dan udara jadi lebih lancar masuk ke ruang bakar, sehingga tenaga lebih besar dan pembakaran sempurna dan bila mobil dikendarai dengan normal bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.Tapi akibat dari PnP yang membuat tarikan mobil lebih enteng inilah, maka kebanyakan orang jadi lebih sering menekan pedal gas lebih dalam, yang membuat konsumsi bahan bakar mobil malah menjadi lebih boros.

Selain itu, Meningkatkan tenaga mesin bisa dilakukan dengan banyak cara dengan tingkat kerumitan dan biaya yang bervariasi. Ada baiknya untuk menyesuaikan perangkat penambah tenaga dengan rute yang paling sering dilewati.

Sebagai bahan pertimbangan, dibawah ini dikenalkan bebarapa cara untuk menambah tenaga mesin.

Turbocharger

Kerja sistem ini dengan memanfaatkan tekanan gas buang untuk meningkatkan tenaga mesin. Caranya, gas buang yang bersuhu dan tekanan tinggi dimasukkan kembali ke saluran intake mesin sehingga proses pembakaran lebih mudah dan kerja piston lebih ringan.

Perubahan saluran buang (exhaust)

Cara kerjanya adalah memperlancar aliran gas buang (free flow) dan mengurangi tekanan balik.

Modifikasi saluran masuk (intake)

Cara kerjanya adalah memperlancar masuknya udara ke mesin. Semakin cepat splai udara, semakin tinggi tenaga yang dihasilkan. Agar lancar hambatan yang ada di kurangi sebanyak mungkin. Semakin sempurna aliran udara, semakin cepat proses pembakaran terjadi. Plus Dipasaran banyak dijual sistem intake yang memiliki sedikit hambatan dengan bentuk yang bervariasi. Materialnya mulai dari besi, aluminium hingga fiberglass. Yang paling baik berbahan fiberglass disusul aluminium dan besi.

Modifikasi Noken As/Camshaft Racingnya

Mningkatkan performa Jimny ini Jg akan lebih baik Jika di modif beserta mesin-mesin atau sparpe part nya, termasuk pada camshaft/nokennya. yg akan membuat tarikan mobil lebih enteng.

selain itu, dengan mengganti camshaft standar menjadi racing, mobil Juga akan lebih maksimal di gunakan , misalnya untuk offroad atau harian, bisa menyesuaikan.

Demikian sedikit tips dari kami ,Kurang lebihnya mohon di maafkan dan di tanyakan 🙂 michaelhandtasches