Cek Ini Sebelum Mudik Supaya Mobil Tetap Tangguh Di Jalan

05 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Rutinitas setiap tahun setelah puasa selama satu bulan penuh adalah menyambut hari raya Idul Fitri. Dan rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi handai taulan di kampung halaman. Berkeliling ke kerabat dekat di kota tempat tinggal pun menjadi pilihan terbaik di hari yang baik.

Nah, sudahkah Anda mempersiapkan kendaraan andalan buat berkeliling belum?

Meski dipakai sehari-hari dan sangat mengetahui kondisinya, tetap membutuhkan persiapan untuk mudik. Karena mobil bakal diajak menempuh jarak jauh sekaligus. Tentu kita perlu menjaganya tetap tangguh supaya tidak ada sesuatu yang tidak diharapkan di perjalanan bukan?

Ibarat pepatah, sedia payung sebelum hujan karena cuaca sedang tidak menentu. Harusnya kemarau, malah masih sering hujan bukan? Jadi, tidak ada salahnya jika melakukan tindakan preventif sebelum perjalanan.

Bagaimana menjaga mobil tetap aman dan nyaman untuk lebaran? Beberapa poin ini akan kembali mengingatkan titik yang perlu diperhatikan.

Mesin

cek mesin

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik, lakukan terlebih dahulu pengecekan bagian penting pada mesin.

Pertama, lakukanlah pemeriksaan komponen vital, misalnya oli mesin, oli transmisi, minyak rem, minyak power steering, air radiator, dan lain-lainnya pada dealer terdekat.

Kedua, periksa juga fungsi semua lampu mobil. Sebut saja head lamp dan fog lamp guna memperjelas kondisi jalanan yang akan dilalui. Jangan lupa untuk mengecek lampu isyarat lain seperti lampu belakang, rem dan sein.

Ketiga, pastikan mobil diperiksa general check-up. Antara lain pemeriksaan mesin, drive train, chassis dan kelistrikan mobil. Atau biasanya disesuaikan dengan pencapaian odometer kendaraan.

Kaki-Kaki

periksa kaki-kaki mobil

Selain mesin, kaki-kaki juga jadi titik penting. Untuk mendeteksinya sebenarnya mudah. Kalau tidak ada bunyi, bisa jadi kaki-kaki masih bagus. Namun, memang lebih baik jika dicek ulang. Jika ada yang kendur, segera diganti.

Selain bunyi, handling kurang enak pun bisa menjadi indikasi. Jika memang kondisi kaki-kaki baik-baik saja, tinggal spooring mobil  supaya mudah dikendalikan selama perjalanan nanti.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah rem. Lebih baik dicek sebelum berangkat. Apalagi kalau sudah lama tidak diservis. Paling lama enam bulan, sebaiknya servis rem secara rutin. Selain dibongkar dan dibersihkan, pasti akan ketahuan kalau perlu penggantian, bukan?

Interior

bersihkan interior mobil

Berkendara paling nyaman adalah jika kabin bersih. Kalau mobil baru pastinya masih bersih, namun jika sudah lewat 6 bulan perlu dibersihkan. Membersihkan interior mobil diawali dengan mengangkat semua jok di mobil. Dilanjutkan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil.

Membersihkan jok ada dua cara, untuk jok yang bahannya dari kulit dan kain (fabric). Bahan pembersihnya dan juga penanganannya pun berbeda. Untuk yang bahan fabric bisa dengan memakai sikat gigi atau sikat yang biasa dipergunakan untuk menyemir sepatu. Sedangkan untuk jok kulit dibersihkan dengan lap plas chamois.

Eksterior

bersihkan kaca mobil

Bila interior sudah bersih, maka eksterior juga jangan ditinggalkan. Yang paling penting adalah kaca mobil. Karena jamur bisa mengurangi pemandangan. Poles kaca mobil kalau sudah banyak jamur. Pemakaian rain repellent pun bukan hal haram untuk membantu menyingkirkan air saat hujan deras.

Selain itu, tampilan mobil yang kinclong saat bertemu kerabat pun membuat tambah percaya diri. Poles bodi mobil pun bisa menjadi pilihan. Karena dengan dipoles, bodi mobil jadi lebih mudah dibersihkan. Jadi, meski di jalan sempat kotor, mencucinya menjadi lebih mudah. Gunakan sampo mobil supaya tidak merusak cat. Jika ingin lebih kinclong lagi, bisa mengaplikasikannya dengan wax yang instan. Cukup dengan membawa wax semprot untuk dipakai di kampung halaman.

Demikian beberepa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mudik menggunakan mobil. Semoga mudik berjalan dengan lancar dan aman. canada goose sale

, ,