• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

Filter AC Kabin Mobil Kotor, Dibersihkan Atau Harus Diganti?

13 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Filter AC mobil berfungsi untuk menyaring udara yang keluar lewat lubang AC agar udara tetap bersih, tidak berdebu dan tetap sehat. Beberapa filter AC juga mampu menyaring bakteri dan asap sehingga udara yang dihirup penumpang dalam kabin menjadi lebih sehat.

Namun filter AC juga memiliki batasan dan umur pakai, artinya dalam melakukan penyaringan kotoran maka kotoran akan ditahan dalam filter AC tersebut, sehingga dalam kurun waktu tertentu Anda harus membuang kotoran yang menumpuk pada filter AC ini, bahkan dianjurkan untuk menggantinya jika sudah beberapa kali dibersihkan.

Lalu apa saja tanda-tanda filter AC sudah terlalu kotor?

  • Hembusan udara terasa lebih sedikit, tidak sekencang sebelumnya.
  • Ada bau tidak enak yang keluar dari AC terlebih saar pertama AC dihidupkan.

filter ac mobil yang kotor harus segera diganti

Inilah yang menyebabkan filter AC cepat kotor

  • Kabin sering berdebu, seperti debu dari tanah/pasir yang menempel pada sepatu dan terbawa masuk ke kabin mobil. Debu juga bisa berasal dari kotoran pada jok yang dibungkus kain.
  • Sering lewat di daerah yang berdebu, misalnya jalanan tanah. Bagaimana pun akan ada sedikit udara yang masuk ke dalam kabin melalui celah-celah bodi.
  • Berada di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi seperti di kota-kota besar.
  • AC sering digunakan.

Pada dasarnya jika sudah merasakan tanda-tanda filter AC kotor maka saat itulah waktu yang tepat untuk mengganti atau membersihkan filter AC mobil. Akan tetapi bagi orang tertentu merasa kesulitan dengan patokan ini sehingga membutuhkan patokan angka yang akurat.

Bagi orang yang selalu menghidupkan AC saat mengendarai mobil, biasanya filter mulai kotor diangka 10ribu kilometer. Namun berbeda hal jika pengguna mobil tidak pernah dipakai, jadi filternya tidak kotor.

Ketika sudah mencapai angka 10ribu kilometer ada baiknya membersihkan atau mengganti filter mobil (dengan catatan selalu memakai AC). Beberapa teknisi juga merekomendasikan mengganti/membersihkan setiap 20ribu kilometer.

Lalu dimana letak filter AC mobil itu sendiri? Biasanya filter AC terletak dibagian bawah dashboard (dalam dashboard) dibagian laci.

lebih baik mengganti filter ac daripada membersihkannya

Cara Membersihkan Filter AC

Untuk membersihkan filter AC tidak boleh memakai air dengan detergen, karena akan merubah bentuknya. Seperti kertas yang terkena air meskipun sudah dikeringkan maka bentuknya sudah berbeda. Pori-porinya berbeda dan meskipun bisa dipasang, namun kemampuan untuk menyaring udara kotor juga jauh berkurang.

Cara membersihkan filter AC adalah dengan diketok-ketokkan agar kotoran rontok ke lantai kemudian dilanjutkan dengan vacum cleaner atau dengan kompresor, artinya dibersihkan  dengan menyedot atau meniupak angin.

Pilih Membersihkan Atau Mengganti Filter AC

Kebanyakan bengkel mobil akan menyarankan untuk mengganti filter AC daripada membersihkannya, karena struktur material filter AC tentunya berbeda dengan yang masih baru. Andaikata bisa dibersihkan, pastinya tidak bisa 100% bersih, artinya ada kotoran yang masih mengendap didalam filter AC sehingga akan cepat kotor kembali. Membersihkan dengan kompresor juga malah menyebabkan pori-pori filter menjadi tambag lebar sehingga tidak optimal untuk menyaring udara.

Sekali-kali bisa membersihkan filter AC, namun jika sudah 2-3 kali dibersihkan lebih baik untuk diganti. Untuk harga filter AC sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal.

Sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mengganti daripada membersihkan filter AC mobil. Supaya kenyamanan tetap terjaga saat penumpang berada di dalam mobil.

Nah, sekarang Anda tidak terlalu bingung bukan untuk lebih mengganti filter AC mobil yang sudah mulai menunjukkan gejala-gejala kotornya? Semoga bermanfaat.

, , , , ,