Ini Dia Teknik Dasar Offroad Yang Perlu Diketahui Offroader Pemula

25 April 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Untuk Sobat yang baru mengenal dan mungkin baru saja tergila-gila dengan offroad. Dan tak sabar ingin menjajal sendiri bagaimana sensasi dalam beroffroad, ada baiknya perhatikan teknik-teknik dasar dalam beroffroad yang baik dan benar. Ceieleh…

Kali ini saya akan membagikan teknik awal yang harus diketahui bagi para pengemudi offroad sebagai pengenalan dasar pada kendaraan yang akan digunakan. Salah satunya adalah mobil Suzuki Jimny SJ410.

  • Kapasitas Mesin
    Dalam dunia offroad sebagian banyak yang menganggap bahwa kapasitas mesin sangat mempengaruhi kemampuan dalam menaklukkan medan. Pendapat seperti ini sebenarnya tidak seluruhnya benar, karena kapasitas mesin yang besar terkadang mengakibatkan overpower. Dan dengan teknik mengemudi mobil yang salah saat melewati medan berlumpur yang dalam, maka mobil dengan power yang besar seperti Toyota FJ atau Jeep CJ yang tidak dilengkapi dengan LS (Limited Slip) pada gardannya akan memiliki kecenderungan untuk terperosok semakin dalam.

    Mesin Suzuki Jimny SJ410

    Mesin Suzuki Jimny SJ410

  • Jarak Sumbu Roda
    Dalam dunia offroad, mobil-mobil yang digunakan memiliki jarak sumbu roda depan dan belakang yang bervariasi. Jarak sumbu roda mobil yang digunakan berpengaruh terhadap kemampuan menaklukkan rintangan-rintangan yang ada didepan. Misal pada mobil dengan jarak sumbu roda 2370mm.Jadi, jika mobil tersebut digunakan untuk melintasi sebuah kubangan lumpur dengan panjang 2000mm dan dengan kedalaman kubangan sekitar 100mm maka kemungkinan besar mobil tersebut akan dengan mudah melewatinya dengan kecepatan rendah.

    Suzuki Jimny SJ410 Ofrroad

    Suzuki Jimny SJ410 Ofrroad

    Hal ini kebalikan dengan mobil Suzuki Jimny dengan jarak sumbu roda 2030mm. Pada keadaan yang sama, mobil Suzuki Jimny akan kesulitan melaluinya, jika pengemudi tidak benar-benar waspada dan terampil maka kemungkinan untuk terperosok akan semakin besar.

  • Lebar Sumbu Roda
    Suzuki Jimny SJ410 dengan lebar sumbu roda 1395mmm dan ketinggian mobil 1670mm maka jika dianalogikan dengan perbandingan muncul angka 1:1,2. Dan mobil Jimny dengan bentuk yang lumayan tinggi, maka kemungkinan untuk limbung lebih besar pada saat melintasi trek yang mempunyai kemiringan ekstrim. Suzuki Jimny kurang proporsional pada trek-trek miring.

Dari ketiga factor tersebut, maka kemampuan kendaraan melewati medan offroad dipengaruhi oleh berbagai macam hal dan tidak selalu dipengaruhi oleh kekuatan mesin saja, namun kekompakan tim juga sangat berpengaruh. Buka tidak mungkin pengemudi offroad  yang menggunakan mobil mungil seperti Suzuki Jimny dengan tim yang solid akan lebih mudah melalui medan yang berat.

Jadi bagi anda yang ingin melakukan kegiatan offroad, jangan pesimis dahulu atas apa yang sobat kendarai, karena beberapa trek offroad terbukti mengasyikkan jika dilalui dengan Suzuki Jimny SJ410michael kors handtasche

, , , , , , ,