Kebiasaan Menghemat Bensin Ini Ternyata Salah Kaprah

08 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Memiliki kendaraan dengan komsumsi bahan bakar yang rendah memang menjadi idaman di jaman sekarang. Tak jarang ada beberapa orang rela melakukan apa saja demi memenuhi keinginannya untuk memiliki kendaraan yang memiliki konsumsi bahan bakar rendah dengan dalih menghemat pengeluaran. Mulai dari cara yang masih bisa dibilang masuk akal hingga yang diluar nalar yang tentunya tidak sedikit orang yang tergiur akan iming-iming keiritan yang dijanjikan.

Beberapa hal ini dipercaya mampu meminimalisir penggunaan bahan bakar yang sejatinya tidaklah benar :

Pemilihan Bahan Bakar

menurunkan kualitas bahan bakar mobil

Banyak yang beranggapan bahwa menurunkan kualitas bahan bakar yang digunakan dapat menghemat pengeluaran. Memang benar, tapi hanya untuk beberapa saat saja. Namun, ketika kita memberikan bahan bakar yang kualitasnya dibawah standar maka bisa berdampak buruk pada mobil kita. Yang memungkinkan rusaknya komponen didalam mesin sehingga mengharuskan melakukan pembongkaran. Selain rusaknya komponen mesin, penggantian bahan bakar juga dapat menyebabkan mobil meledak. Hal itu bisa terjadi lantaran adanya reaksi kimia yang tidak sesuai sedang terjadi didalam mobil. Terbayang bukan seberapa banyak biaya untuk perbaikan hal itu?

Penggunaan Gigi Neutral Yang Tidak Tepat

menggunakan gigi neutral saat jalan menurun

Banyak pengendara yang mengaplikasikan penggunaan gigi neutral pada saat mobil menghadapi jalan yang menurun, hal ini sebenarnya kurang tepat. Dikarenakan pada saat mobil berada diposisi neutral pembakaran masihlah berjalan, berbeda ketika melakukan engine break pada saat menghadapi jalan yang menurun. Engine brake lebih tepat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar disaat mobil menghadapi jalan yang menurun, karena saat engine brake dilakukan tidak terjadi pembakaran pada mesin.

Sengaja Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Rendah

mengendarai dengan kecepatan rendah

Sebenarnya tidak banyak yang menyakini hal ini, sebenarnya bukan masalah kecepatan yang rendah, namun lebih tepatnya mengendarai dengan RPM rendah. Penggunaan RMP yang rendah memang diklaim berdampak pada penghematan bahan bakar yang digunakan. Karena penggunaan RPM rendah bisa mencegah pengendara menginjak pedal gas secara dalam yang nantinya bahan bakar yang dikeluarkan tidak berlebih.

Pemilihan Profil Ban Yang Salah

pemilihan ban

Bagi sebagian orang yang melak ban, tentunya tidak akan salah pilih mengenai ban yang akan digunakan pada mobilnya. Seperti contohnya, ban mobil profil pacul digunakan untuk mobil yang digunakan pada jalan aspal. Hal itu menyebabkan cengkraman ban menjadi tidak maksimal, dan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros, karena beban yang diterima lebih berat.

Terlalu Percaya Terhadap Alat Penghemat Bahan Bakar

memakai alat penghemat bbm

Banyak diantara kita yang sering termakan oleh rayuan-rayuan beberapa produk penghemat bahan bakar. Tidak jarang ada yang rela mengobrak-abrik mobilnya demi mendapatkan konsumsi bahan bakar yang rendah. Namun hal tersebut sejatinya hanya akan merusak mobil karena telah menyimpang dari perencaan awal dari mobil itu sendiri yang bisa berakibat fatal.

Nah, itulah beberapa hal yang diyakini bisa menghemat bahan bakar namun ternyata malah bisa merugikan mobil kita. Cara yang paling efektif dan mudah dilakukan adalah dengan mempertahankan laju kendaraan, mengatur putaran mesin, menjaga jarak dengan kendaraan di depan, serta gunakan gigi mobil yang tepat.

Terlihat simpel dan sederhana namun, cara itu lebih aman dibanding dengan melakukan hal-hal diatas yang nantinya malah membuat mobil menjadi rusak.

Selama Anda bisa menghemat bahan bakar dengan cara yang normal, Anda pastinya akan merasa takjub dan tidak terlalu memikirkan bahan bakar mobil lagi. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. canada goose frauen

, , ,