Komponen Radiator yang Berpengaruh Besar Ini Kerap Disepelekan

12 Juni 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Pada dasarnya, sistem pendingin suhu pada mobil ini memiliki tiga komponen pendukung. Seperti radiator coolant, minyak pelumas, dan udara. Ketiga komponen pendukung tersebut merupakan komponen yang akan berpengaruh pada kinerja mobil dan ketiganya saling berkaitan.

Perawatan radiator pada mobil memiliki beberapa komponen yang harus diperhatikan seperti dibawah ini :

Radiator

radiator mobil

Radiator merupakan tempat penampungan dari radiator coolant atau cairan pendingin. Didalam radiator ini akan didinginkan sebelum cairan pendingin didistribusikan. Oleh karena itu kebersihan radiator baik luar maupun dalam harus selalu dijaga dengan baik untuk memaksimalkan kinerja radiator itu sendiri.

Bila dilihat dari luar, radiator memiliki banyak kisi yang berguna untuk jalur keluar masuk angin untuk membantu mendinginkan cairan. Jika kisi dari radiator terhambat oleh debu maupun kotoran lainnya, maka bisa dipastikan radiator tidak akan berfungsi secara optimal. Karena volume anginnya yang lewat tidak maksimal sehingga proses pendinginan menjadi terhambat. Sebaiknya bersihkan kisi radiator dengan kuas lembut atau bisa menggunakan air bertekanan rendah.

Bagian dalam dari radiator ini rentan terhadap karat, terutama untuk radiator yang sudah berumur tahunan. Karat ini bisa menjadi penghambat sistem pendinginan cairan, bahkan bisa menghambat pendistribusiannya jika sudah level dewa. Oleh karena itu, melakukan penggantian air radiator secara berkala sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas cairan pendingin radiator dan juga kondisi radiator itu sendiri.

Selang Radiator

selang radiator

Selang radiator ini berguna untuk menghubungkan antara mesin dan radiator, selang memiliki peran yang penting. Karena jika terjadi penyumbatan, dapat dipastikan radiator tidak akan berfungsi dengan baik yang dapat menyebabkan kegagalan pada sistem pendingin mobil. Selang mobil juga memiliki daya tahan, karena suhu dan pengaruh tekanan air tinggi, kemungkinan selang radiator untuk sobek cukup besar. Oleh karena itu, selang radiator tidak boleh luput dari perawatan, untuk menghindari kemungkinan mesin overheat.

Tutup Radiator

tutup radiator

Tutup radiator merupakan salah satu bagian kecil dari radiator yang juga memiliki peran penting. Memperhatikan bagian pegas dan karet tutup radiator apakah berfungsi dengan baik atau tidak adalah wajib hukumnya. Jika salah satu diantaranya terjadi masalah, amak bisa mengakibatkan mesin mobil mengalami peningkatan suhu yang drastis. Salah satu penyebabnya adalah ketika pegas sudah mulai menurun fungsinya maka caitan utnuk di distribusikan ketika suhu mesin mobil tinggi.

Klem Atau Pengikat Selang Radiator

klem atau pengikat selang radiator

Kebanyakan klem terbuat dari besi atau baja bertugas mengikat antara selang dan radiator juga tidak boleh luput dari pengawasan. Untuk menghindari selang yang terlepas ataupun bocor sehingga cairan pendingin tidak dapat didistribusikan secara maksimal tentunya akan menurunkan kinerja radiator. Kekencangan klem juga harus disesuaikan untuk menghindari selang sobek atau rusak yang dapat diakibatkan oleh klem yang terlalu kencang.

Kipas Pendingin

kipas radiator

Kerja radiator juga dipengaruhi oleh kipas pendingin yang membantu mempercepat proses pendinginan cairan pendingin radiator. Memeriksa secara berkala kondisi silicon dan juga timing belt nya merupakan salah satu hal untuk mencegah kerusakan sistem mesin mobil ini

Pompa Oli

Meski terlihat sepele, pompa oli ternyata tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan dari sistem mesin mobil. Selain bertugas untuk memompa oli menuju ke bagian mesin yang membutuhkan, melalui proses inilah mesin akan didinginkan.

Nah, itulah beberapa komponen yang berpengaruh besar pada mobil namun sering disepelekan dan tidak selalu dibersihkan serta dicek keadaannya. Semoga bisa membantu Anda untuk lebih cermat dalam membersihkan komponen mobil. michael kors tasche blau

, , ,