Menguak Sejarah Suzuki Jimny Di Indonesia

31 Mei 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Suzuki merupakan salah saru pabrikan otomotif besar Jepang yang gaungnya tidak bisa diremehkan. Namun, wajar kalau anak-anak muda zaman sekarang tidak mengenal kebesaran serta kejayaan ‘Suzuki Jimny’. Karena meski sudah berlalu, sejarah tetaplah sangat penting. Dan kebesaran serta kejayaan Suzuki Jimny bisa kita ketahui melalui sejarah panjangnya.

sejarah suzuki jimny di indonesia

Suzuki Jimny merupakan SUV yang diproduksi Suzuki sejak tahun 1968 untuk pasaran global. Mobil ini dirakit di Hanamatsu, Jepang dan Linares, Jaen, Spanyol. Setelah sebelumya Suzuki membeli Hope Motor Company yang menciptakan mobil ini merupakan ‘nenek moyang’ dari Suzuki Jimny.

Mobil tersebut diberi nama HopeStar ON360. Nah, pada tahun 1970, Suzuki memperkenalkan LJ10 yang merupakan Jimny pertama. Pada saat itu Jimny LJ10 merupakan mobil bermesin dua tak 359 cc dua silinder dengan pendingin udara.

suzuki jimny lj10

Baru pada tahun 1979 Suzuki Jimny dihadirkan di Indonesia melalui sosok Suzuki LJ50 bermesin 550cc. Tahun berikutnya giliran LJ80 bermesin 4 silinder atau terkenal dengan sebutan Jimny Jangkrik.

Suzuki Jimny ‘jangkrik’ sukses di pasaran. Seolah tak mau berhenti sampai disitu, maka dihadirkanlah Suzuki Jimny SJ40 sebagai pengganti Jimny Jangkrik, yang sudah mengusung mesin 1.000cc dan mulai diproduksi di pabrik Suzuki di Bekasi.

suzuki jimny jangkrik

Mengandalkan mesin berkode F10A, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 45dk. Sebuah transmisi manual 4 percepatan sudah jadi standar. Sistem pengeremannya menggunakan non-power assisted dengan rem berjenis tromol depan belakang.

Barulah kejayaan Suzuki Jimny dimulai melalui seri ini di tanah air. Mobil ini banyak digunakan sebagai mobil perkotaan, mengandalkan bodi kompak dan kelincahannya bermanuver di ruang sempit. Konsumsi bahan bakarnya juga irit. Tak jarang yang unggul sampai mencipot sistem 4×4 yang kala itu tertanam pada Jimny.

Selain unggul di perkotaan, Suzuki Jimny SJ40 juga digemari para pecinta offroad karena kepraktisannya, mudah dimodifikasi dan punya fitur 4×4 yang mumpuni. Setidaknya, untuk yang hobi dengan dana yang pas-pasan, Suzuki Jimny jadi primadona.

macam macam suzuki jimny

Suzuki Jimny semakin berjaya di era 90-an, terutama Jimny seri SJ410 dan SJ413 yang dikenal dengan nama ‘Sierra’. Suzuki kemudian mengembangkan produk Jimny yang lainnya, seperti Katana dan Caribian dan yang terakhir pada tahun 1998.

Penyempurnaan Jimny paling banyak terjadi mesin dan sedikit eksterior. Sedangkan desain interior Jimny tidak mendapat pengembangan yang cukup signifikan dari Suzuki.

Jimny dibuat oleh Suzuki untuk menggebrak pasaran. Dengan desainnya yang unik, mobil ini mampu melakukan penetrasi pasar dengan sangat baik. Dampaknya, mobil klasik yang terus diperbaharui ini mampu berkembang.

suzuki jimny sierra

Sejak didirikan pertama kali tahun 1907, Suzuki berhasil membuat banyak sekali varian mobil yang dipasarkan ke banyak negara dunia, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu jenis mobil antik yang paling laris manis dijual ke berbagai negara adalah Suzuki Jimny.

Sampai akhirnya sejak tahun 1998 Suzuki Jimny bermetamorfosa menjadi lebih modern sampai sekarang. Di Jepang, Jimny dibekali mesin bensin bertipe M13A dengan kapasitas 1.3 liter WT dan berpenggerak 4WD. Mesin ini bertenaga 83 dk dan torsinya 110 Nm.

Di Indonesia sendiri, peminat dan pemiliki Suzuki Jimny ini bisa dikatakan lumayan banyak. Karena sebagian pemilik Suzuki Jimny merupakan para offroader yang suka menaklukan halang rintang dan juga untuk lomba balap tentunya. Terkadang pula digunakan untuk touring antar kota.

Dan tak jarang pengguna Suzuki Jimny sering memodifikasi kendaraan yang simpel dan tidak makan tempat parkir ini. canada goose outlet

, , , ,