• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mengeluarkan Asap Putih di Pagi Hari

13 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Saat pagi hari terutama ditempat yang dingin (daerah pegunungan atau sehabis hujan saat malam hari) maka mobil akan sangat dingin termasuk knalpot mobil, dan saat mobil dihidupkan pagi hari knalpot akan mengalami kenaikan suhu (panas) yang semula dingin. Perubahan suhu yang ekstrim bisa mengeluarkan asap putih tipis, jika ini yang terjadi maka Anda tidak perlu khawatir.

Mobil keluar asap putih di pagi hari bisa dibagi menjadi 2 menurut tebal dan tipisnya, yaitu :

  1. Asap putih tipis : tidak berbahaya
  2. Asap putih yang cukup tebal : menandakan mesin tidak normal.

Artinya jika asap yang keluar adalah asap tipis kemudian menghilang dalam waktu kurang 5 menit saat dipanaskan, maka kemungkinan itu adalah asap dari hasil kondensasi udara dingin yang ada pada knalpot.

penyebab dan cara mengatasi mobil berasap putih dipagi hari

Berbeda dengan asap tipis, asap putih tebal yang keluar melalui knalpot rupanya merupakan gejala atau tanda mesin sedang mengalami masalah. Nah, jika ini yang terjadi maka asap putih tersebut adalah oli yang terbakar di ruang bakar, artinya jika sampai ada oli yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin maka ada ketidakberesan.

Seharusnya oli tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar, oli hanya sebatas ring piston saja. Sedangkan yang ada diruang bakar seharusnya hanya bensin dan udara saja.

Penyebab oli sering merembes masuk ke ruang bakar adalah ring piston (pir seher) yang sudah aus/lembek, salah satu lapisan ring piston ada yang berfungsi menahan oli jangan sampai masuk ke ruang bakar dan jika ring piston sudah aus maka dia tidak mampu lagi menahan oli masuk ke ruang bakar.

Penyebab Lain Asap Putih Keluar Dipagi Hari

  • Kerusakan silinder
  • Block mesin retak
  • Pompa bahan bakar aus
  • Ring piston aus dan seal klep juga aus

Solusi Mobil Yang Keluar Asap Putih Tebal Dipagi Hari

Jika hal ini terjadi, maka langkah pertama adalah konsultasikan hal ini ke bengkel. Akan lebih baik jika ke bengkel resmi karena alatnya lebih lengkap dan canggih. Jika tidak bisa, Anda bisa juga bisa ke bengkel biasa (dekat rumah misalnya).

Ceritakan pada pihak bengkel dan mintalah untuk mengecek apakah asap tersebut berbahaya atau tidak, biasanya bengkel lebih peka karena mereka sudah sehari-harinya menangani mesin mobil yang rusak.

Nantinya pihak bengkel akan memberikan saran bervariasi tergantung analisa, antara lain :

  • Turun mesin
  • Disetel kembali pengapian dan klep
  • Dibiarkan saja karena masih belum parah
  • Dan lain-lain

Skenario teburuk adalah turun mesin untuk mengganti ring piston dan seal klep, jika piston sudah aus biasanya juga mengganti piston sekalian. Namun, jika dirasa asap putih masih tidak terlalu tebal dan busi tidak gampang mati, biasanya bengkel umum akan menyarankan dibiarkan saja, tidak apa-apa sepanjang tenaga mobil masih cukup lumayan.

Namun, bila masih kurang puas meski pihak bengkel mengatakan tidak apa-apa walau ring piston sudah aus tapi tenaga mesin masih cukup baik dan mobil masih bisa bertahan. Anda bisa meminta setting ulang klep, pengaturan pengapian dan bersihkan ruang bakar sekaligus tune up. Setelah servis selesai : pengapian distandarkan, klep distel, mesin distel maka asapnya akan menghilang.

Bisa disimpulkan bahwa jika klep dan pengapian sudah standar maka hal ini bisa menolong atau paling tidak meminimalkan rembesan oli yang masuk pada ruang bakar.

Nah, Anda sudah paham harus bagaimana ketika mobil Anda mengeluarkan asap putih bukan? Semoga membantu.

, , , , ,