• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

Persiapan Kendaraan Offroad (Bagian 2)

17 Juli 2017 - Kategori Blog

camsahftracing.com – Sebenarnya hampir semua jenis kendaraan berpenggerak 4 roda bisa dimodifikasi menjadi kendaraan offroad untuk medan adventure berat, tetapi factor biaya dan kondisi medan yang akan dilalui menjadi kendala. Untuk medan berat di Indonesia kendaraan dengan wheelbase panjang akan sulit dikendarai, karena pepohonan yang rapat dan tikungannya juga sempit dan tajam. Ini disebabkan medan offroad di Indonesia sering melalui medan baru yang belum pernah dilalui kendaraan roda empat.

Berat kendaraan juga harus diperhatikan, pilih kendaraan dengan berat kotor dibawah 2 ton. Kendaraan yang terlalu berat akan sulit melewati medan lumpur dan rawa-rawa. Untuk medan adventure berat di Indonesia kendaraan dengan wheelbase pendek sangat cocok.

Persiapan Kendaraan Offroad Untuk Medan Adventure Berat

persiapan offroad untuk medan berat

Bodi

Bodi standar bisa dibiarkan,  hanya beratnya perlu diringankan. Beberapa bagian perlu diperbaiki, seperti :

  • Kap mesin bisa diganti fiber
  • Pintu dapat diganti dengan fiber
  • Spakbor depan dapat diganti dengan fiber. Spakbor depan dan belakang dapat dipotong sehingga ruang untuk roda lebih luas yang nantinya bisa dipasang ban yang lebih besar dan tinggi, misalnya ban ukuran 36 inch.

Bodi yang paling ideal adalah bodi dengan atap terpal (softtop) karena bodi jenis ini sangat ringan dan apabila terjadi kerusakan memperbaikinya mudah, tetapi untuk bodi jenis ini harus memasang rollcage terdiri dari pipa besi tanpa kampuh las (seamless) berukuran minimum 38 mm dengan ketebalan 3 mm, dipasang langsung pada chasis minimum 4 titik dengan las listrik atau dengan baut 4×10 mm. Apabila pipa dipasang pada lantai kendaraan maka harus dilapisi pelat besi 100mm x 5mm diatas dan dibawah lantai mobil.

Untuk mencegah barang-barang tidak berhamburan kedepan bila kendaraan terguling, maka perlu dipasang cargo barrier diantara driver dan tempat barang.

Mesin

persiapkan mesin untuk offroad di medan berat

Karena mesin akan diperlukan untuk memutar roda yang lebih besar dan kadang-kadang roda dijepit oleh lumpur, maka mesin dengan torsi yang besar sangat cocok. Tenaga mesin yang ideal lebih kurang 100 hp/1 ton berat kendaraan. Jika memilih mesin bensin, untuk mendapat tenaga yang besar bisa mengganti bagian camshaft, carburetor dan header, namun jangan memasang cam yang terlalu radikal derajatnya, karena yang diperlukan adalah torsi besar diputaran rendah.

System Bahan Bakar

Untuk system bahan bakar perlu diperhatikan bahwa medan yang akan dilalui adalah medan adventure yang berat, dimana kemiringan jalan bisa mencapai 45 derajat dari tanjakan dan turunan bisa lebih dari 60 derajat tentu sangat memengaruhi penyaluran bahan bakar ke mesin.

Tangki bahan bakar juga perlu mendapat perhatian, sambung dan pindahkan selang vent (lubang pembuangan udara) pada posisi lebih keatas. Jangan lupa memasang check valve pada saluran ini untuk mencegah bahan bakar keluar apabila kendaraan terbalik. Tutup tangki bahan bakar juga harus bisa menutup rapat, bila perlu ganti dengan tutup tangki yang biasa dipasang di mobil balap (aircraft type).

System Kelistrikan

Dengan memasang winch dan lampu sorot tambahan tentu memerlukan catu daya listrik yang besar, banyak yang melakukan dengan mengganti battery dengan battery kering. Kabel-kabel listrik sebaiknya diganti dengan ukuran lebih besar, hal ini untuk mencegah votage drop dikabel. Pemasangan alat-alat control listrik seperti relay, switch, meteran dsb sebaiknya di daerah yang agak tinggi sehingga bila kendaraan terendam air alat-alat tersebut tetap kering dan masih berfungsi dengan baik.

Suspensi

Untuk menyiapkan suspense kendaraan offroad banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan, apakah dengan membiarkan system suspense yang sudah bawaan pabrik lantas melakukan modifikasi atau ingin mengganti dan merubahnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan kendaraan offroad untuk medan yang berat. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang akan melakukan offroad dimedan berat.

, , ,