• Status Order
  • Tlp: 0274 - 646-2134
  • SMS/WA: 0882-1604-6905
  • camracing99@gmail.com
Terpopuler:

Persiapan Kendaraan untuk Off Road (Bagian 1)

17 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Untuk mempersiapkan kendaraan offroad ada beberapa pertimbangan yang perlu dikaji terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menghindari biaya mahal yang tidak perlu. Secara umum kendaraan offroad bisa dibagi dalam beberapa kategori, diantaranya adalah :

  • Kendaraan offroad untuk show and shine, untuk pajangan dan jalan-jalan didalam kota saja.
  • Kendaraan offroad untuk medan adventure ringan.
  • Kendaraan offroad untuk medan adventure berat.
  • Kendaraan offroad untuk rock crawling.
  • Kendaraan offroad untuk racing offroad.

Pada umumnya semua jenis kendaraan berpenggerak 4 roda dapat dimodifikasi menjadi kendaraan offroad, tinggal kita yang memilih kendaraan offroad kategori mana yang akan dibuat karena tidak semua kendaraan cocok untuk medan dan kategori tertentu. Seperti kendaraan untuk show and shine, kendaraan ini tidak cocok untuk dikendarai dimedan offroad.

persiapan kendaraan untuk offroad

Persiapan Kendaraan Offroad Untuk Medan Adventure Ringan

Semua kendaraan berpenggerak roda empat dengan sedikit modifikasi dapat dipersiapkan untuk menjelajahi medan adventure offroad ringan. Dimana keadaan medan sedikit berlumpur, tidak terlalu dalam, jalan yang masih bisa dipilih dan dengan tanjakan atau turunan tidak melebihi kemiringan 45 derajat.

Untuk kendaraan ini diperlukan persiapan sebagai berikut :

Bodi

Untuk masalah bodi, tidak perlu perubahan yang banyak. Karpet lantai disarankan untuk tidak dipakai, lubang air kalau ada bisa ditutup, rapikan sambungan-sambungan kabel diseal (seal aquarium) sehingga tidak kemasukan air. Apabila nantinya banyak melewati jalan yang berair, disarankan memasang snorlker untuk mencegah percikan air tidak masuk kedalam saluran hisap mesin.

Suspensi Atau Ban

suspensi atau ban harus diperhatikan saat akan offroad

Biasanya ban bawaan dari pabrik, hampir rata-rata berukuran 29 inch bisa diganti dengan ban yang lebih tinggi tapi tidak lebih dari 10%. Sehingga tidak perlu mengganti final gear. Jadi kalau ban normal 29 inch maka bisa diganti dengan ban yang lebih tinggi tidak melebihi 32 inch. Pilih ban yang cocok untuk medan lumpur, misalnya Mud Terrain, Super Swamper, Jeep servise, Extra grip, dll. Pada saat mengganti ban harus dicoba apakah perlu meninggikan bodi mobil (bodi lift) atau meninggikan suspensi mobil (suspension lift). Meninggikan suspensi mobil lebih mudah mengerjakannya daripada dengan meninggikan bodi mobil.

Dan perlu dicoba, apakah ban tidak nyangkut pada saat stir dibelokkan. Pada saat meninggikan suspensi mobil perlu juga diperiksa apakah Caster ikut berubah atau tidak, ini mencegah agar stir menjadi liar saat mobil dikendarai di jalan lurus. Jangan lupa juga, bila meninggikan suspensi shock-absorber juga perlu diganti. Apabila semua pengetesan ban tidak nyangkut, maka disarankan tidak perlu merubah suspensi atau bodi.

Mesin

Untuk mesin tidak banyak memerlukan perubahan, yang perlu adalah untuk mencegah air masuk ke mesin dan mengganggu system kelistrikan, dimana sambungan-sambungan selang udara diseal, tutup karburator atau tutup filter udara deseal, tutup distributor dan tutup koil juga diseal. Kabel busi diikat supaya tidak gampang lepas. Kipas radiator sebaiknya menggunakan viscous coupling, ini diperlukan apabila kendaraan memasuki air, maka kipas tidak tertahan oleh air dan sebaliknya juga air tidak muncrat kemana-mana.

Peralatan Bantu

Jika akan berkendara offroad dimedan yang ringan dan perginya lebih dari 2 mobil, maka peralatan winch tidak diperlukan. Kalau misalnya tersangkut diparit bisa dikeluarkan dengan dibantu oleh kendaraan lain.

Bila memang ingin memasang winch, pililah yang kekuatan tariknya lebih kurang 1 ½ kali berat mobil, jadi misalnya berat kotor kendaraan 1,5 ton maka pilih winch yang berukuran 2.25 atau lebih kurang 5000 lbs. Apabila kendaraan sudah dilengkapi dengan winch, maka kemampuan battery juga harus diperkirakan, mengganti battery dengan yang lebih besar atau battery kering sangat dianjurkan.

Peralatan bantu wajib yang harus dibawa adalah p3k, pemadam api, ban serep, kunci roda dan dongkrak, alat komunikasi. Peralatan bantu lain yang bisa dipasang tetapi tidak mutlak adalah liftjack, tangki cadangan, lampu sorot, dan alternator besar.

, , ,