Tips Merawat AC Mobil Supaya Tidak Bau Dan Tetap Dingin

13 Juli 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Air Conditioner (AC) merupakan kebutuhan inti bagi pengguna mobil, lebih-lebih disaat musim penghujan dan musim kemarau yang sedang tidak menentu seperti ini akan membuat kita merasa kurang tenang disaat bepergian.

Oleh karena itu, AC menjadi salah satu prioritas utama dalam hal perawatan. AC yang tidak mengeluarkan hawa dingin, selain mengganggu kenyamanan saat berkendara juga membuat banyak kerugian. Selain penggunaan bahan bakar yang terbuang sia-sia, AC yang dibiarkan tidak dingin dalam jangka waktu lama akan memiliki resiko kerusakan.

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

tips merawat ac mobil agar tetap dingin

  1. Kebersihan didalam mobil sangat penting, terutama karpet bagian depan. Usahakan karpet bagian depan selalu bersih ketika AC dihidupkan. Kotoran pada karpet atau jok akan terpisah oleh evaporator AC sehingga akan menimbulkan aroma tidak sedap serta menumbuhkan jamur.
  2. Usahakan ketika mencuci mobil pastikan Condensor AC disemprot dengan air kencang, agar kotoran yang melekat pada condesor AC bisa lepas dan menghindari terjadinya keropos pada condensor AC. Kotoran yang dibiarkan lama pada condensor AC akan mengeras dan menyebabkan korosi pada condensor.
  3. Perhatikan pula tempat parkir mobil anda, jika anda memarkir dalam keadaan lama, usahakan memarkir mobil ditempat teduh. Kondisi mobil yang panas akan membuat beban kerja AC menjadi tinggi.
  4. Selalu memastikan extrafan kipas yang berada didepan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup akan beresiko merusak kompresoe atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.
  5. Hindarilah merokok didalam mobil ketika AC dalam kondisi menyala. Asap rokok bisa terhisap AC dan mengotori Evaporator dan menimbulkan lendir tak sedap pada aroma AC.
  6. Pastikan AC dalam kondisi mati ketika menghidupkan mesin mobil. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan.
  7. Selalau lakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari Compresor, Receiver Dyer, Condensor, Evaporator hingga Freon.

Selain keluhan AC yang tidak dingin, para pengendara mobil juga kerap mengeluhkan bahwa terdapat bau yang tidak sedap pada saat pertama menyalakan AC mobilnya. Bau tidak sedap yang keluar dari kolong AC mobil pada saat pertama kali dinyalakan adalah bakteri yang berada pada kolong AC atau sudah melekat pada evaporator AC.

Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Bau

tips merawat ac mobil agar tidak bau

  1. Jangan terlalu sering membuka kaca pada saar mobil sedang berjalan.
  2. Bersihkan kabin mobil sesering mungkin, sehingga bakteri dari kotoran tidak sampai masuk ke dalam kolong AC.
  3. Bersihkan bagian bawah alas kaki/sedot dengan vacum bagian karpet sebelum mobil digunakan.
  4. Sesekali bersihkan evaporator, hal ini membutuhkan keahlian khusus, oleh karena itu silakan konsultasikan dengan tukang AC.
  5. Usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil, karena asapnya akan menempel disemua bagian seperti plafon, jok, dsb.
  6. Rawat AC secara berkala, supaya bagian-bagian komponen yang tertempel bakteri juga dibersihkan.
  7. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan basah dalam mobil yang bisa menimbulkan bau.
  8. Untuk pengharum mobil, sebaiknya menggunakan jenis pengharum yang mengandung anti bakteri, sehingga mampu membunuh bakteri yang melekat dalam kolong AC dan evaporator.

Demikianlah tips merawat AC mobil agar tidak bau dan tetap dingin. Perawatan AC secara berkala mampu memberikan manfaat AC mobil lebih tahan lama juga membuat udara yang keluar dari AC akan lebih dingin, segar dan beraroma sehat. Semoga bermanfaat. canada goose sale

, , , ,