Tips Utilitas : Pindah Lampu Belakang Suzuki Jimny

30 Mei 2017 - Kategori Blog

camshaftracing.com – Salah satu kendala yang dimiliki oleh pengguna mobil Suzuki Jimny adalah rusaknya bumper belakang yang dikarenakan sering terpentok atau nyangkut saat parkir atau kejadian lainnya. Hal ini menyebabkan lampu Suzuki Jimny pun ikut menjadi korban.

Selain rusak dan pecah, lampu yang tertutup oleh lumpur pun sering dialami para pengguna Suzuki Jimny, apabila masih mengandalkan bumper belakang bawaan pabrik.

Dan kerugian lain yang bisa ditimbulkan adalah rusaknya soket lampu. Soket sering kali menjadi sasaran akibat menumpuknya kotoran yang ada di balik bumper mobil. Efek jangka panjang yang bisa timbul adalah karat, bahkan bisa putus atau korsleting.

Nah, kali ini ada cara menarik yang bisa di terapkan oleh pengguna Jimny soal masalah tersebut. Mari disimak tips ini dengan baik.

Posisi Aman

posisi aman

Memindahkan posisi lampu ke bagian pintu belakang, bisa menjadi solusi lain selain mengganti bumper belakang dengan bahan yang lebih kuat.

Dengan memindah posisi lampu ke bagian pintu belakang ini bisa membuat tampilan Jimny menjadi lebih enak dipandang mata, walaupun harus merelakan body belakang dibolong sedikit. Malah untuk offroader dan pengguna 4×4, memotong atau merusak sedikit body mobil menjadi hal yang lumrah.

Hasilnya, selain menjadi lebih bersih dan terhindar dari cipratan lumpur serta kotoran yang menumpuk, jajan mika atau rumah lampu belakang juga bisa dihindari.

Bahkan trend seperti memindah lampu ini sudah banyak diterapkan oleh pengguna Jimny di Jepang. Dan alasannya pun sama, karena lampu belakang Jimny kerap menjadi korban trek off-road.

Tempat yang paling aman untuk memindah lampu adalah di bagian pintu belakang. Memang, body Jimny harus dipotong atau dibolongkan terlebih dahulu untuk memasukkan rumah lampu, sekaligus pegangannya.

Dan lagi, sebaiknya ini dikerjakan oleh bengkel yang sudah ahli, supaya pemasangan lampu bisa presisi. Keuntungan lainnya, dengan posisi yang lebih tinggi, juga akan memudahkan pengendara lain di belakang untuk memantau.

Bahkan untuk pengemudi kendaraan yang lebih tinggi sekalipun, seperti bus dan truk ketika di jalan raya. Ini dimaksudkan untuk lebih aman di jalan raya.

Pilih Model LED

pilih lampu model led

Pilihan lampu di pasaran sekarang ini juga beragam jenis dan bentuknya, atau bisa juga mengandalkan lampu belakang kepunyaan mobil lain. Asal cocok dimensi dan modelnya ketika dipasang di pintu belakang.

Menggunakan lampu jenis LED, selain jadi lebih terang juga lebih irit listriknya. Dan pilihan lampu ini pun beragam dan harganya relatif lebih murah.

Model lampu bulat ternyata lebih cocok saat diaplikasikan ke pintu belakang Suzuki Jimny dan bagian pintu yang dikorbankan untuk memasang lampu ini tidaklah terlalu besar.

Rentang harganya pun beragam, misal untuk jenis lampu LED yang ada saat ini harganya mulai dari 60 ribu sampai 400 ribu. Untuk lampu LED bulat kecil dengan diameter 5 cm, harga per satu buahnya dijual sekitar 60 ribu, warnanya ada merah, kuning, dan putih.

Selain untuk mengindarkan dari rusak dan terkena lumpur, lampu yang dipindah ke bagian pintu belakang akan menambah kesan keren dan gaul untuk si mobil Suzuki Jimny sekaligus si pemiliknya.

Nah, bagaimana? Ingin mempraktekkan cara ini untukmenghindari kerusakan pada lampu dan juga untuk membuat anda lebih aman saat berkendara? Silakan sobat. Semoga cara alternatif ini bisa bermanfaat untuk Anda yang pernah mengalami kerusakan lampu pada mobil Suzuki Jimny.

  michael kors tasche jet set

, ,